Sejarah Singkat Distrik Pariwari

Distrik Pariwari merupakan distrik pemekaran dari Distrik Fakfak yang di bentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Fakfak Nomor 04 Tahun 2012 tentang pembentukan Distrik Pariwari, Wartutin, Fakfak Timur Tengah, Arguni, Mbahamdandara, Kayauni, Furwagi, dan Tomage,namun baru mulai beroperasional pada tanggal 21 Mey 2015 yaitu sejak dilantiknya pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kabupaten Fakfak termasuk pejabat struktural Distrik Pariwari dengan Kepala Distrik pertama adalah Ibu YANTI RUMATORA,S.STP.
Distrik Pariwari terdiri dari 6 ( enam ) kampung  dan 3 (tiga ) kelurahan yaitu Kampung Tanama, Kapaurtutin, Sekban, Torea, Sekru dan Seukuru Tuare serta Kelurahan Wagom Wagom Utara dan Dulanpokpok.
Saat ini jumlah penduduk Distrik Pariwari kurang lebih sebanyak 24.000 jiwa merupakan Distrik dengan jumlah penduduk terbesar di Kabupaten Fakfak.
Secara geografis letak Distrik Pariwari memanjang dari Timur ke Barat dengan batas-batas wilayah sebagai berikut :
~ Sebelah Utara                 : Distrik Kayauni
~ Sebelah Timur                 : Distrik Fakfak
~ Sebelah Selatan               : Laut Seram
~ Sebelah Barat                  : Distrik Fakfak Barat
Dengan segala keterbatasan yang ada,namun Distrik Pariwari sampai saat ini tetap eksis tanpa henti dalam berbagai kegiatan dimulai dari tingkat Kampung, Kelurahan dan Distrik bahkan tingkat Kabupaten Fakfak.
By Nan Emma