Peran Pemuda Masa Depan

Halaman Aula Santo Yosep Fakfak (Dok.Emma)

Tonggak sejarah yang penting bagi kebangkitan pemuda tak lain dan tak bukan yaitu, Sumpah Pemuda merupakan keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan selama dua hari, yaitu 27-28 Oktober 1928 di Batavia, atau yang kini dikenal dengan nama Jakarta. Sejak saat itu, setiap tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

HUT Sumpah Pemuda yang ke 91-Tahun 2019  dengan thema " Bersatu Kita Maju"
Seperti kita ketahui bahwa butir Sumpah Pemuda yang ditulis Moehammad Yamin yaitu, bertanah satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu.

Bertanah satu, maksudnya adalah bahwa setiap pemuda Indonesia berjuang hingga darah penghabisan untuk menjunjung tinggi tanah air Indonesia. Berbangsa Indonesia yaitu agar para pemuda berjuang untuk membela bangsa Indonesia, dan Berbahasa Indonesia yaitu bahwa Indonesia memiliki keragaman budaya, suku, dan bahasa, sehingga Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pemersatu.

Keberhasilan suatu negara bisa dilihat dari kualitas bangsanya. Untuk itulah Pemuda memiliki peran yang besar bagi perubahan,Itulah mengapa pemuda  sering disebut sebagai agent of change (agen perubahan).

Sebagai agen perubahan, dengan sikap kritis dan semangatnya, mereka memiliki kekuatan untuk melakukan suatu gerakan perubahan sosial.  memperjuangkan aspirasi.
Pemuda indonesia menjadi harapan bangsa yang menjadi tulang punggung negara di masa depan.
Pemuda harus berjuang demi kemajuan bangsa seperti yang di kutip dari tulisan  Bung Karno" Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia"

Dirgahayu Sumpah Pemuda ke 91....#Merdeka!!!
By Nan Emma